Menarik! Ini Dia 5 Manfaat Dan Resiko Pijat Refleksi

manfaat-dan-resiko-pijat-refleksi

Manfaat Dan Resiko Pijat Refleksi

Manfaat Dan Resiko Pijat Refleksi – Pijat Refleksi memang memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu pijat refleksi dapat menjadi pilihan yang tepat saat ingin memanjakan diri.

Sehingga Anda yang selalu sibuk dengan pekerjaan dapat kembali segar. Namun perlu Anda ketahui bahwa pijat refleksi ini berbeda dengan pijat biasa.

Dimana pijat refleksi ini memfokuskan pijatan di titik-titik di tubuh utamanya yaitu pada tangan serta kaki. Yang mana titik-titik tersebut secara langsung terhubung dengan syaraf-syaraf organ dalam tubuh.

Sehingga ketika mendapatkan pijatan refleksi secara langsung akan memberikan pengaruh ke fungsi organ tubuh Anda.

Pijat refleksi memang memiliki kontroversi tersendiri. Ada yang mengatakan bahwa pijat refleksi memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa jenis pijatan ini memiliki resiko. Nah, pada artikel ini kita akan bahas apa saja manfaat serta resiko dari pijat refleksi ini.

 

Manfaat pijat refleksi bagi kesehatan

Menurut beberapa sumber, memang dikatakan bahwa piijat refleksi memang dapat memberikan dampak kesehatan yang bagus bagi tubuh. Adapun manfaat pijat refleksi adalah sebagai berikut:

1. Membantu mengurangi rasa gelisah

Menurut penelitian yang meneliti kelompok wanita yang akan memasuki premenepause atau mereka yang mengalami tingkat depresi serta stress yang cukup tinggi, mengatakan merasa terbantu dengan pijatan refleksi.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan mendapatkan pijatan refleksi ini dapat mengurangi atau menurunkan kondisi psikologis dengan tingkat stress tinggi menjadi lebih tenang.

Penelitian yang lain yang diadakan th 2015 juga mengatakan bahwa pijat ini bagus. Dikatakan bahwa pasien yang akan menjalankan operasi varises vena kemudian dipijat dengan refleksi merasa lebih tenang atau kecemasannnya menjadi berkurang.

Kemudian pasien tersebut juga mengatakan bahwa saat menjalani operasi tersebut hanya mengalami sedikit rasa sakit. Dengan kata lain pijatan refleksi membantu mengurang rasa sakit saat operasi.

 

2. Membantu mengobati penyakit kanker

Penekanan pada titik-titik tertentu yang dilakukan dapat memberikan pengaruh pada kerja organ atau kelenjar dalam tubuh. Dan hal ini cukup memberikan efek yang bagus untuk pasien yang sedang dalam masa penyembuhan kanker.

Refleksi yang diberikan pada penderita kanker dapat membantu atau mencegah gangguan pencernaannya, mengurangi rasa lelah, mengurangi gangguan tidur, menjaga perasaan atau suasana hati serta meningkatkan nafsu makan.

Kemudian menurut penelitian yang melibatkan 87 penderita kanker menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kualitas hidup pada pasien-pasien kanker tersebut.

Dan menurut penelitian yang lain juga telah disebutkan bahwa penderita kanker yang dipijit dengan refleksi mengatakan  rasa sakit atau nyeri yang dialaminya menjadi berkurang.

 

3. Membantu melancarkan peredaran darah

Terdapat titik pada telapak kaki yang secara langsung terhubung dengan jantung serta pembuluh darah dalam tubuh. Yang mana saat dilakukan pemijatan dapat memberikan pengaruh pada kerja dan fungsi jantung.

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa refleksi memang dapat meningkatkan kesehatan pada jantung. Peningkatan yang terjadi ini dikarenakan oleh tekanan yang terjadi saat di pijat serupa dengan refleks baroseptor yang muncul.

4. Memberikan efek bagus untuk pasien diabetes mellitus tipe 2a 

Studi pada th 2014 meneliti hubungan antara pijat refleksi dengan para penderita diabetes mellitus. Dan studi ini menunjukkan bahwa pasien diabetes yang secara rutin mendapatkan piijatan refleksi mempunyai kadar gula yang lebuh terkontrol dan berkurang gejala komplikasinya.

 

5. Membantu meredakan sakit kepala

Pijatan refleksi yang dilakukan secara rutin pada penderita sakit kepala juga dapat mengurangi rasa sakit kepala tersebut.

Kemudian bagi mereka yang suka sakit kepala dan mengkonsumsi obat sakit kepala juga mengatakan tidak mengknsumsi obat sakit kepala setelah rutin mendapatkan pijatan refleksi.

manfaat-dan-resiko-pijat-refleksi-

 

Resiko Pijat Refleksi?

Memang ada resikonya?

Pijat refleksi sebenarnya merupakan pijatan yang aman serta tidak memberikan efek buruk kesehatan bagi siapapun. Akan tetapi terdapat kondisi-kondisi tertentu sajalah yang tidak boleh mendapatkan pijatan refleksi.

Adapun kondisi-kondisi yang tidak boleh mendapatkan pijatan refleksi adalah sebagai berikut:

  • Sedang mengalami cidera kaki

Saat mengalami cidera kaki ataupun mengalami luka, menderita asam urat serta radang di kaki alangkah baiknya untuk tidak dipijat refleksi.

Hal ini dikarenakan terapi refleksi tersebut hanya akan menambah parah cedera tersebut.

  • Wanita yang sedang hamil

Wanita yang sedang hamil dan melalukan terapi refleksi sangat tidak dianjurkan. Jadi sebaiknya jangan melakukan refleksi ini saat sedang hamil.

Apalagi saat kehamilan berusia pada tiga bulan pertama. Hal ini dikarenakan tekanan yang terjadi di telapak kaki akan membuat atau merangsang kontraksi pada wanita yang sedang hamil tersebut.

  • Mengalami pembekuan darah.

Pijat refleksiologi dapat meningkatkan sirkulasi namun yang kemudian akan berpotensi menyebabkan gumpalan darah pada area jantung serta otak.

Demikianlah manfaat serta resiko pijat refleksi yang kami berikan, jika ada informasi tambahan boleh untuk komentar di kolom komentar.

 

Baca juga:

Wow Ada Jasa Pijat Panggilan Depok 24 Jam

Amazing 5 Jenis Pijatan Yang Populer Di Jakarta Ini!

Jasa Pijat Panggilan Bogor 24 Jam

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Booking Terapis